Apa fungsi pasar saham?

Marketplacesinyal.id Kita sudah tidak asing dengan istilah pasar saham. Tetapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan pasar saham? Apa fungsi pasar saham? Artikel ini akan membahas tentang definisi dan fungsi pasar saham dan bagaimana korelasinya dengan ekonomi suatu negara

Setiap negara memiliki pasar saham masing-masing. Di Indonesia adalah BEI (Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange). Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia diatur oleh PT Bursa Efek Indonesia yang merupakan lembaga pemerintah. Pengawasan dilakukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan, dahulu Bapepam). Semua kegiatan pasar saham diatur melalui UU Pasar Modal no 8 Tahun 1995.

Pasar saham, sering juga disebut bursa saham, atau juga disebut bursa efek adalah wahana dimana dilakukan perdagangan saham dan instrumen finansial lainnya. Pasar saham pada hakekatnya tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional yang selama ini kita kenal. Di sana ada pembeli, penjual dan juga kegiatan tawar-menawar harga.

Fungsi pasar saham adalah memfasilitasi antara pihak yang membutuhkan pendanaan (perusahaan) dan pihak yang mempunyai dana (pemodal / investor). Perusahaan bisa memperoleh dana dengan melepas sebagian sahamnya ke publik, sedangkan investor memperoleh sarana investasi berupa saham perusahaan.

Karena itu pasar saham boleh dibilang menggambarkan kondisi ekonomi suatu negara. Bila ekonomi suatu negara maju, pasar sahamnya juga berkembang. Karena banyak perusahaan yang ingin berespansi melebarkan usahanya, sehingga banyak melepas saham ke publik. Demikian juga sebaliknya.

adapun Fungsi pasar modal memiliki peranan cukup penting dalam laju perekonomian pada suatu negara. Saat ini, pasar modal di Indonesia memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya jumlah investor yang cukup signifikan. Fungsi pasar modal secara umum sebenarnya merupakan penghubung antara investor dengan perusahaan atau institusi pemerintah.

Pasar modal juga merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan dalam mencari dana dengan menjual hak kepemilikan perusahaan kepada orang lain. Setelah Pemerintah memperbarui berbagai regulasi soal keuangan dan perbankan, pasar modal di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Para pelaku di pasar modal telah menyadari bahwa perdagangan efek dapat memberikan keuntungan yang cukup baik bagi mereka, dan sekaligus memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan perekonomian Negara. Berikut beberapa fungsi pasar modal dilansir dari laman Liputan6:

Apa itu Pasar Modal?

Secara umum, pasar modal dapat diartikan sebagai suatu wadah yang mempertemukan pihak yang kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana. Dalam wadah ini yang disebut sebagai pasar modal, penjual (perusahaan go public) memperdagangkan produk atau instrumen keuangan mereka kepada pembeli (disebut investor).

Pasar modal memberikan berbagai alternatif untuk para investor, seperti menabung di bank, membeli tanah, asuransi, membeli emas dan sebagainya. Biasanya ini digunakan untuk instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.

Fungsi Pasar Modal

1. Menambah Modal Usaha

Bagi perusahaan, fungsi pasar modal ialah membantu perusahaan untuk mendapatkan dana dengan menjual sahamnya. Saham yang ditawarkan tersebut akan dibeli oleh masyarakat umum atau lembaga lain agar perusahaan bisa mendapatkan dana untuk operasional.

2. Pemerataan Pendapatan

Dalam jangka waktu tertentu, saham-saham yang sudah dibeli akan memberikan deviden atau bagian dari keuntungan perusahan terhadap para pembelinya. Untuk itu, Fungsi pasar modal bisa dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.

3. Menciptakan Tenaga Kerja

Pasar modal yang berfungsi menciptakan lapangan kerja baru dengan mendorong berkembangnya industri lain yang bisa mempekerjakan orang lebih banyak.

Adanya tambahan modal bagi suatu perusahaan, juga menjadikan produktivitas mereka meningkat.

4. Meningkatkan Pendapatan Negara

Dividen yang diberikan kepada para pemegang saham mengharuskan mereka untuk membayar pajak kepada Pemerintah. Hal ini memberikan pemasukan pendapatan untuk negara melalui pajak.

5. Indikator Perekonomian Negara

Kegiatan dan volume penjualan atau pembelian di pasar modal yang meningkat dapat memberikan indikasi bahwa kegiatan bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya.